Refleksi Individu Modul 2.1.A.3 CGP Angkatan 6
2.1.a.3 Mulai Diri
Refleksi Individu
VERIARDI CAHYA UTAMA, S.Pd.SD
CGP A6 Kab. Wonosobo
- Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu
dengan segala keragaman murid-murid Anda.
Saat ini saya
mengajar kelas 4 di SD Negeri 2 Kaliwiro. Masing-masing murid di kelas saya
memiliki keragaman. Keragaman murid saya terdeteksi dari berbagai latar belakang
yang berbeda-beda, seperti lingkungan murid, pekerjaan orang tua, perhatian
orang tua di rumah. Beberapa murid tidak mendapat perhatian yang cukup, karena
beberapa wali harus mencari nafkah ke luar daerah. Hal ini secara kebutuhan
dasar murid kasih sayang kurang mendapat porsi yang cukup. Akhirnya berdampak
pada hasil belajar dan dorongan semangat untuk murid itu sendiri. Hal ini juga
menjadi faktor keberagaman terbentuk di kelas.
Keberagaman
kelas selain di atas juga dipengaruhi oleh genetika yaitu gaya belajar mereka
sendiri yang terbentuk karena kebiasaan dan pengaruh lingkungan atau role model
yang terlihat dan terduplikasi murid. Beberapa murid memiliki gaya belajar kinestetik,
yang terlihat pada hasil belajar ketika murid itu terlayani dengan pelibatan
langsung di proses pembelajarn. Ada murid yang gemar mendengar penjelasan guru
saja sudah terpenuhi kebutuhan belajarnya. Ada juga yang memiliki gaya belajar
visual, hal ini terlihat ketika murid antusias mengamati peraga secara visual
yang berimplikasi pada hasil belajar. Terakhir adalah siswa yang gemar
mendengarkan, melihat, dan melakukan, meskipun jika pada prosentase memiliki
indikator lebih pada salah satu gaya belajarnya.
Apa yang telah
Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan
untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah
ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti
apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Secara umum saya
memberikan layanan yang sama kepada semua murid dengan adanya semua keragaman
di sekolah saya. Saya menggunakan strategi
dan pendekatan pembelajaran yang beragam. Namun begitu, saya memberikan layanan
khusus dan bimbingan bagi murid-murid yang memang membutuhkan pendampingan,
baik dalam bimbingan belajar maupun bimbingan orientasi dan kepribadian.
- Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda
hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman
murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan
untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Tantangan yang saya hadapi selama
proses pembelajaran di kelas adalah beberapa murid saya masih ada yang belum lancar
membaca dan berhitung. Tantangan berikutnya adalah strategi pembelajaran yang
pas untuk memfasilitasi kebutuhan belajar dengan murid yang beragam dalam waktu
yang sama.
Tindakan yang saya lakukan adalah melakukan
1. Membagikan kuesioner refleksi bagi
murid dan guru
2. Pemetaan kebutuhan berdasarkan hasil
refleksi murid
3. Merancang pembelajaran yang memfasilitasi
keberagaman
4. Trial pembelajaran yang mengakomodir semua
gaya belajar
5. Mengevaluasi pembelajaran
6. Refleksi pembelajaran
- Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan
yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran
itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Pembelajaran dirancang dimulai dengan
maping kebutuhan dasar gaya belajar murid. Setelah itu pembelajaran
dilaksanakan sesuai prosedur hasil identifikasi kebutuhan. Setelah dilaksanakan
baru diadakan evaluasi dan refleksi untuk ditindaklanjuti.
Posting Komentar untuk "Refleksi Individu Modul 2.1.A.3 CGP Angkatan 6"
Posting Komentar